Contoh Analisa Usaha Krupuk Seblak Kering
Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi tetapi bukan hanya kebutuhan makanan itu berbentuk lauk pauk dalam lima sehat enam sempurna tetapi harus ada pembaruan makanan yaitu dengan cara mengembangkan ide kreatif dalam mengolah makanan sehingga menjadi menarik dan menciptakan rasa penasaran untuk menikmatinya.
Seiring perkembangan zaman makanan sangat banyak ragam dan jenisnya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk berwirausaha salah satunya makanan seblak kering (sebring) yang sedang populer di masyarakat indonesia.
2. Analisa Peluang Usaha
Seorang wirausahawan harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai dengan daerah yang dipasarkan supaya usahanya berjalan dengan lancar dan berkembang. Krupuk seblak kering merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua orang baik dari kalangan anak – anak hingga kalangan dewasa. Karena rasanya yang khas dan makanan ringan ini merupakan makanan ringan yang sangat terjangkau hemat dikantong dan banyak dijadikan makanan favorit oleh konsumen jadi peluang usaha untuk berkembang sangatlah besar.
3. Jenis Produk
Produk yang dipasarkan adalah kerupuk Seblak kering dan pedas. Produk seblak kering (sebring) yang memiliki cita rasa makanan yang gurih dan pedas produk seblak kering ini sangat disukai penduduk lokal, produk yang telah diproduksi akan dipasarkan di pasar tradisional.
Dalam memilih produk dan rasa pada produknya sangat penting sekali karena kualitas produk itu sangat penting didalam usaha maka harus pandai dalam menyesuaikan selera makanan dengan daerah pemasarannya.
4. Strategi Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu distribusi barang kepada konsumen. Kegiatan pemasaran adalah aspek terpenting untuk melakukan kegiatan komersial. Untuk pemasaran kerupuk kering pedas pedas ini dapat dipasarkan di rumah. Selain itu, produsen juga dapat menjualnya dengan memilih lokasi penjualan strategis yang mudah diakses oleh konsumen.
5. Target Pamasaran
Dalam berwirausaha harus mempunyai target dan tujuan dalam mengelola usahanya,Target pemasaran pada produk seblak kering (sebring) ini ditujukan kepada semua kalangan anak-anak maupun dewasa Ketika berwirausaha harus mempunyai tujuan pemasaran supaya bisa mencapai kesuksesan dalam berwirausaha produsan harus mengedepankan kualitas produknya terutama di dalam rasa maupun kemasan produk seblak kering(sebring).
6. Analisis Keuangan
a. Biaya Investasi | |
Keterangan | Nominal |
etalase | Rp 290.000 |
meja kursi | Rp 90.000 |
alat masak | Rp 800.000 |
LAIN – LAIN | Rp 850.000 |
Total Biaya Investasi | Rp 2.030.000 |
b. Biaya operasional | |
1. biaya tetap | |
penyusutan etalase 1/36 *290.000 | Rp 8.056 |
penyusutan meja kursi 1/24 * 90.000 | Rp 3.750 |
penyusutan dan alat masak 1/24 * 800.000 | Rp 35.417 |
penyusutan LAINNYA 1/24*850.000 | Rp 18.750 |
uang kebersihan | Rp 3.000 |
upah karyawan | Rp 86.000 |
Total Biaya tetap | Rp 154.972 |
2. Biaya variabel | Rp 220.000 |
bawang putih | Rp 23.000 |
bawang merah | Rp 62.000 |
serai | Rp 3.000 |
krupuk bawang | Rp 32.000 |
bawang merah | Rp 26.000 |
lain – lain | Rp 260.000 |
Total Biaya variabel | Rp 406.000 |
Total baiya operasional | Rp 560.972 |
C. Penerimaan satu bulan | |
100 bungkus krupuk seblak x Rp 9.000 | Rp 900.000 |
D. Keuntungan per bulan | Rp 339.028 |
Lama Balik Modal :
Total Investasi : keuntungan usaha Rp 2.030.000: Rp 339.028 = bulan ke 5,9 atau bulan ke 6.
Komentar
Posting Komentar