Contoh Analisa Usaha Krupuk Seblak Kering


 1.Latar Belakang Usaha

 Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi tetapi bukan hanya kebutuhan makanan itu berbentuk lauk pauk dalam lima sehat enam sempurna tetapi harus ada pembaruan makanan yaitu dengan cara mengembangkan ide kreatif dalam mengolah makanan sehingga menjadi menarik dan menciptakan rasa penasaran untuk menikmatinya.

Seiring perkembangan zaman makanan sangat banyak ragam dan jenisnya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk berwirausaha salah satunya makanan seblak kering (sebring) yang sedang populer di masyarakat indonesia.

2. Analisa Peluang Usaha

Seorang wirausahawan harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai dengan daerah yang dipasarkan supaya usahanya berjalan dengan lancar dan berkembang. Krupuk seblak kering merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua orang baik dari kalangan anak – anak hingga kalangan dewasa. Karena  rasanya yang khas dan makanan ringan ini merupakan makanan ringan yang sangat terjangkau hemat dikantong dan banyak dijadikan makanan favorit oleh konsumen jadi peluang usaha untuk berkembang sangatlah besar.

3. Jenis Produk

Produk yang dipasarkan adalah kerupuk Seblak kering dan pedas. Produk seblak kering (sebring) yang memiliki cita rasa makanan yang gurih dan pedas produk seblak kering ini sangat disukai penduduk lokal, produk yang telah diproduksi akan dipasarkan di pasar tradisional.

Dalam memilih produk dan rasa pada produknya sangat penting sekali karena kualitas produk itu sangat penting didalam usaha maka harus pandai dalam menyesuaikan selera makanan dengan daerah pemasarannya.

4. Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah salah satu distribusi barang kepada konsumen. Kegiatan pemasaran adalah aspek terpenting untuk melakukan kegiatan komersial. Untuk pemasaran kerupuk kering pedas pedas ini dapat dipasarkan di rumah. Selain itu, produsen juga dapat menjualnya dengan memilih lokasi penjualan strategis yang mudah diakses oleh konsumen.

5. Target Pamasaran

Dalam berwirausaha harus mempunyai target dan tujuan dalam mengelola usahanya,Target pemasaran pada produk seblak kering (sebring) ini ditujukan kepada semua kalangan anak-anak maupun dewasa Ketika berwirausaha harus mempunyai tujuan pemasaran supaya bisa mencapai kesuksesan dalam  berwirausaha produsan harus mengedepankan kualitas produknya terutama di dalam rasa maupun kemasan produk seblak kering(sebring).

6. Analisis Keuangan

a. Biaya Investasi

Keterangan

Nominal

etalase

 Rp   290.000

meja kursi

 Rp   90.000

 alat masak

 Rp 800.000

LAIN – LAIN

 Rp 850.000

Total Biaya Investasi

 Rp 2.030.000

b. Biaya operasional

1. biaya tetap

penyusutan etalase 1/36 *290.000

 Rp 8.056

penyusutan meja kursi 1/24 * 90.000

 Rp 3.750

penyusutan  dan alat masak 1/24 * 800.000

 Rp 35.417

penyusutan LAINNYA 1/24*850.000

 Rp 18.750

uang kebersihan

 Rp 3.000

upah karyawan

 Rp 86.000

Total Biaya tetap

 Rp 154.972

2. Biaya variabel

 Rp 220.000

bawang putih

 Rp 23.000

bawang merah

 Rp 62.000

serai

 Rp 3.000

krupuk bawang

 Rp 32.000

bawang merah

 Rp 26.000

lain – lain

 Rp 260.000

Total Biaya variabel

 Rp 406.000

Total baiya operasional

 Rp 560.972

C. Penerimaan satu bulan

100  bungkus krupuk seblak x Rp 9.000

 Rp 900.000

D. Keuntungan per bulan

 Rp 339.028

Lama Balik Modal :

Total Investasi : keuntungan usaha Rp    2.030.000: Rp 339.028 = bulan ke 5,9  atau bulan ke 6.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah seblak kering ( sebring )